Minggu, 17 November 2013

Hacker


By on 20.53

Definisi Hacker


Banyak sekali arti “Hacker” bagi banyak orang dan mengartikannya sebagai orang yang sangat jago komputer. Jika agan searching di google dengan judul “ how become a hacker” akan muncul paling atas mungkin tulisan ini (yang ane lakuin iya, hingga punya ide share di kaskus ). Akan muncul jutaan site untuk menggambarkan seorang hacker.

Banyak sekali komunitas, membagi pengalaman, para expert programming dan jaringan membuat mereka dikenal sebagai komunitas hacker. Ya hacker yang membuat internet, hacker membuat operating sytem, hacker membuat “world wide web” atau yang lebih ane kenal “www” untuk address bar dapat tersambung. Jika agan-agan telah melakukan salah satu dari hal-hal di atas, berarti anda seorang hacker

Kemudian banyak sekali yang salah memaknai definisi hacker saat ini, bagi mereka yang dapat memecahkan kode, atau lisensi kode dari suatu software yang ada itu adalah hacker, salah besar. Berbeda cara berpikir dan moral lah yang membedakan mereka. Sebutan bagi para hacker sendiri cenderung menyebut mereka “kracker” dan memang menurut saya seorang hacker lebih bermartabat dan disegani. Hal ini karena cara berfikir dan moral mereka yang lebih perduli. Intinya adalah “hacker membuat dan membangun sesuatu sedangkan kracker adalah menghancurkannya”.

Quote:Pendapat TS “hacker yang mengutamakan kelebihannya untuk kekayaan dan kekuasaan sama saja kracker”.

Prinsip - prinsip Seorang Hacker:


Quote:1. Dunia banyak sekali masalah dan menunggu untuk diselesaikan
Menjadi seorang hacker itu menyenangkan, dengan membantu orang lain memecahkan masalah dan membuat sesuatu yang berguna bagi banyak orang adalah candu bagi orang yang beritikad baik.

2. Tidak masalah kalau suatu permasalahan di selesaikan dua kali
Otak yang mempunyai berjuta-juta saraf memiliki kreativitas yang tidak terbatas (kecuali untuk hal-hal yang diluar logika). Banyak sekali jalan menuju roma. Seorang hacker mampu berfikir lebih ringkas dengan masalah yang sama. Kadangkala seseorang menyelesaikan masalah secara berbelit-belit, dengan jalur yang singkat dan sistematis seorang hacker mampu menciptakan “problem solving” yang lebih efektif dan efisien.

3. Kemalasan dan Rasa Bosan hukumnya “Haram”
Biasanya seorang hacker mempunyai sifat yang rajin, ulet, dan gigih. Tentunya semua sifat itu juga ada pada orang yang sukses dengan usahanya. Dalam hal ini seorang hacker tidak merasa bosan dalam mencari masalah dan diselesaikannya, meski sudah pernah terpecahkan.

4. Kebebasan untuk kebaikan
Seorang hacker yang diberi tugas untuk merusak sesuatu tentunya akan menolak hal ini. Hacker yang semestinya orang baik mempunyai beban untuk memberikan pemecahan masalah berdasarkan asas kebaikan.

5. Suatu prinsip tidak dapat ditukarkan untuk ajang pamer
Menjadi seorang hacker adalah cerdas, praktis, berdedikasi, dan kerja keras. Bukan sebuah perlombaan untuk menjadi pemenang dan tercerdas sejagat. Bukan itu tujuan para hacker.


Basic Hacking Skills


Quote:1. Mempelajari apa dan bagaimana itu suatu program
Hal ini sangatlah jelas, mengenai pemrograman pada computer yang harus ditekuni oleh seseorang yang ingin menjadi hacker. Untuk mulai belajar silahkan pilih salah satu (jangan sekaligus) antara bahasa Python (keterangan tutorial http://docs.python.org/tutorial/), java, PHP, dan bahasa yang sering digunakan adalah bahasa C (jika agan menguasai ini, makan akan terkesan mudah untuk bahasa lainnya). Kalau sudah silahkan pelajari juga Perl dan LISP.

2. Mulailah belajar dan menggunakan salah satu Open Source Unix
Harga OS yang terlampau mahal dan tidak dapat dijangkau jika seseorang yang punya kemauan tapi ga ada uang, jalan satu-satunya ya menggunan open source. Mengambil linux sebagai contohnya, dengan mempelajari open source agan-agan akan lebih mengenal apa itu system dan script-script yang membuat agan ketagihan.

3. Mempelajari tentang internet dan menulis code HTML
Jika agan sudah terbiasa dengan program dan system, dengan internet yang merupakan sebuah jaringan terstruktur dapat dipelajari. Hal ini bermanfaat jika nanti ada client yang membutuhkan agan ketika ada consumer yang membutuhkan privasi untuk akses terhadap site perusahaan tersebut.

4. Jika agan-agan tidak terbiasa dengan fungsi dalam bahasa inggris, pelajarilah sambil belajar bahasa internasional ini
Hampir sebagian besar bahasa yang ada berbahasa inggris, hal ini memungkinkan para pengguna yang tidak menyukai bahasa inggris tidak terlalu tertarik. Jadi ini salah satu cara yang krusial untuk diperbincangkan.



Hacker Culture


Quote:
1. Menulis program open source

2. Saling menolong dan memberikan saran mengenai program open source yang dibuat hacker lainnya

3. Memberikan informasi yang bermanfaat tanpa berniat keuntungan pribadi

4. Tetap menjaga suatu infrastruktur tetap bekerja

5. Menghormati dan menjaga Hacker Culture sendiri



Itulah sedikit ringkasan dari ane, sepertinya masih banyak cacat di sana sini jadi perlulah kiranya para agan-agan kaskuser dan “Real Hacker” memakluminya

Silahkan berusaha mencari tahu dengan searching itu sendiri

Sumber :www.google.com
Thanks to penulis : Eric Steven Raymond

About ARMAN SYAHPUTRA S.

I'm a Leader, Trainer, Entrepreneur, Composer, Organizer, Writer, Designer, and many more. Salam Kenal buat semua agan/aganwati, disini saya ingin berbagi pengetahuan kepada teman" semua. Hoby saya browsing,baca,bisnis.Silahkan add fb saya agar kita bisa silahturahmi dan berbagi ilmu pengetahuan

0 komentar:

Posting Komentar

WAJIB:
1. Pembaca yang budiman silahkan komentar disini dan saling klik/follow 'g+1' dan google plus ini akan bermanfaat untuk anda dalam membantu blog anda dan saya untuk meningkatkan traffic visitor+dollar adsense+backlink (PASTI)

2. Silahkan Masuk ke link ini Tukaran Link untuk saling tukar link

3. Berkomentarlah yang sopan , tidak mengandung SARA dan di larang NYEPAM atau memberi link aktif, semua komentar yang melanggar akan di hapus segera

4. DI LARANG COPAS TANPA MENYERTAKAN SUMBERNYA !!!