Rabu, 25 Desember 2013

Belajar SEO Pemula


By on 09.04


Kali ini belajarseoblog.com akan bagikan kepada teman teman semuanya yaitu tentang belajar seo untuk pemula, pada dasarnya semua ilmu seo itu sama, hanya saja teknik atau prakteknya yang berbeda beda, nah berikut ini beberapa tutorial belajar seo untuk pemula.

tutorial belajar seo untuk pemula

Belajar SEO Pemula
belajar seo untuk pemula lengkap
Membangun sebuah blog yang populer memang tidak sebentar, dan cara yang dilakukan juga tidak mudah, minimal anda membutuhkan 3 bulan untuk membuat blog anda ramai itupun jika anda tidak malas untuk mencari backlink dan membuat artikel yang berkualitas.
Jadi jika anda seorang pemula dan masih bingung bagaimana untuk melakukan optimasi pada blog anda ikuti saja checklist optimasi seo berikut itu, berikut adalah langkah awal atau bagian dasar untuk membuat blog anda ramai pengunjung.

1.Buatlah artikel yang berkualitas

Maksud brkualitas disini adalah artikel yang mampu memberikan penyelesaian bagi suatu masalah. Coba anda fikirkan jika artikel anda mampu menjawab pertanyaan dari pengunjung blog anda maka secara otomatis pengunjung akan puas dengan blog anda dan bisa jadi mereka akan menjadi pengunjung setia, bahkan merekomendasikan blog anda pada pengunjung lain. Membuat artikel berkualitas sebenarnya mudah saja, jika anda masih bingung seperti apa artikel yang berkualitas silahkan baca cara membuat artikel yang berkualitas yang sudah pernah saya tulis.

2.Lakukan optimasi seo onpage

Jika anda sudah mengerti seo anda akan sadar betapa pentingnya optimasi seo onpage ini, tetapi anda tidak perlu hawatir karena saya sudah merangkumnya bagaimana cara mengoptimasi blog anda dari segi onpage. Silahkan baca saja cara melakukan optimasi onpage. Jika anda masih pemula dan tidak faham atau tidak mau repot-repot melakukan poin-poin optimasi onpage anda juga bisa menggunakan template seo friendly yang sudah saya terapkan optimasi onpagenya silahkan download dan pasang pada blog anda.
jadi untuk onpage SEO ini meliputi beberapa hal… Saya yakin ada lebih dari yang saya tulis disini, tapi sementara ini anda cukup mengerti ini dulu, dan saya yakin dibawah ini adalah 80% dari semuanya.
  • Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag
  • Emphasize (Seperti memberi Bold, Italic, Underline, dan lain-lain).
  • Image alt tag
  • Outbound link
  • Konten
  • URL
OK, mari kita bahas penjabaran dari poin-poin penting diatas..

Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag

Hal pertama yang penting dan yang menjadi ukuran google untuk menentukan apakah halaman kita relevan dengan sebuah kata kunci adalah dilihat dari Title Tag nya. Letak title tag itu berada di judul artikel di title bar browser.
Dalam memberi Meta Description, harus memperhatikan beberapa hal berikut..
  • Panjang maksimal 160 karakter
  • Jangan mengulang suatu kata lebih dari dua kata
  • Sebaiknya letakkan kata kunci yang anda targetkan dibagian awal deksipsi
Dan menambah Heading Tag sama saja berkata kepada google, “Ini adalah bagian terpenting, ini lebih penting, ini penting, dan ini bagian agak penting.
Jadi, silahkan anda baca tutorial mengoptimalkan Title Tag, Heading Tag, dan Header Halaman di artikel Cara Pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag

Emphasize

Emphasize itu misalnya memberikan bold, italic, underline, dan sebagainya pada kalimat atau kata terpenting pada artikel.

Image Alt Tag Optimization

Jika anda punya artikel sebaiknya anda kasih gambar jika anda bertarung di kata kunci yang cukup sulit dan sengit, untuk optimasi gambar anda harus meletakkan Image Alt Tag dan Image File Name pada gambar tersebut. Untuk cara pemasangannya, silahkan anda baca Cara Pasang Image Alt Tag pada blog

Optimasi Onpage Dengan Outbound Link

Outbound link ini adalah link yang kita keluarkan, maksudnya link dari blog anda yang mengarah ke blog lain. Salah satu ciri dari halaman yang relevan itu biasanya suka mengeluarkan link, anda bisa lihat halaman di wikipedia dan blog besar lainnya, anda pasti tahu kalau banyak sekali link keluar dari blog tersebut.
Dengan banyaknya outbound link ini, mencirikan bahwa anda membuat halaman tersebut semata-mata bukan hanya untuk Search Engine, tapi anda membuatnya untuk pengunjung.
Jadi, jika anda melihat halaman tentang sesuatu yang mengincar kata kunci yang kompetitif ada baiknya jika anda melakukan outbound link ke blog Authority yang memiliki artikel relevan dengan artikel anda.
Dengan begitu, anda meningkatkan relevansi artikel anda dan anda juga membantu pengunjung anda untuk melihat tambahan referensi lainnya dari blog lain.

Optimasi Onpage Pada Konten

Anda harus menyediakan konten atau artikel yang dapat membuat orang menetap di blog anda. jadi begini, anda membuat artikel dan yang terlintas dipikiran anda haruslah untuk pengunjung. Jadi anda harus membuat artikel dengan konten yang bagus, bermutu, dan memberikan nilai kepada orang lain. Kata lainnya adalah anda harus mebuat artikel berkualitas.
Untuk membuat pengunjung tidak bosan dengan artikel anda, anda harus langsung menuliskan apa yang dicari pengunjung dan tidak bertele-tele karena pengunjung tidak suka seperti itu.

Optimasi Onpage pada Url

URL yang baik itu seharusnya berisikan namadomain/kategori/subkategori/judul-artikel jika untuk blog wordpress. Sedangkan kalau blogspot sebaiknya ada keyword juga di permalink. Lihat contoh berikut..
http ://www.komiknaruto.com/buku/komik/naruto-episode-311.html
http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-blog.html
Setiap bagian itu harus berisikan keyword yang jelas. Tapi tetap saja, banyak orang yang tidak mengerti dan membuat url yang tidak jelas. Sebenarnya ini sangat merugikan karena menyia-nyiakan bagian terpenting dari Onpage SEO. Contoh URL yang tidak jelas seperti ini..
http://www.contohnama.com/asq123/name.php?id=91823
http://www.seoterpadu.com/123

3. lakukan optimasi seo offpage

Backlink, ini merupakan cara lama tetapi terbukti sangat efektif sampai sekarang cara ini masih di gunakan oleh para blogger untuk mendongkrak rangking website mereka, pencarian backlink bisa dilakukukan dengan cara blog commenting, jadi kita cari blog yang satu niche dengan website kita dan tinggalkan comment sekaligus menyertakan link ke website kita.
mencari backlink dan promosikan blog anda.
Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk untuk berpromosi serta mencari backlink, bagi anda yang masih pemula yang perlu anda lakukan adalah berkunjung ke blog-blog yang masih memiliki tema yang sama dengan blog anda, ambilah pelajaran dari setiap kunjungan anda jangan lupa untuk mengomentari atau bertanya jika ada hal yang tidak anda fahami. Dan jalinlah persahabatan dengan baik. Selanjutnya beritahu teman-teman anda tentang blog yang ada buat jangan lupa ajak mereka untuk berkunjung dan mempromosikan blog anda. Tentunya blog anda harus memiliki artikel yang berkualitas.

Social Bookmark, untuk yang satu ini kita sudah disediakan beberapa social bookmark untuk mempromosikan website kita, sebagai pengetahuan saja sebagian besar blogger dari luar menjadikan social bookmark sebagai kegiatan wajib bagi mereka setelah melakukan pembaruan posting pada blog mereka. Beberapa social bookmark popular antara lain Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit dan masih banyak yang lainya.

Forum, Ini salah satu media yang bisa kita gunakan dalam promosi website kita. Forum merupakan tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic, salah satu caranya adalah kita post komentar pada thread yang orang buat dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website kita, thread harus sesuai dengan bahasan blog kita dan signature yang diberikan merupakan kata kunci yang kita pilih.

Artikel Directory, artikel directory digunakan untuk memperkenalkan website kita keberbagai orang dengan cara menulis artikel dan meninggalkan link website kita itu sangat efektif untuk mendapatkan visitor.
Website Directory, salah satu cara yang sebagian orang jarang lakukan adalah submit ke website directory sebenarnya ini bisa berdampak besar pada traffic blog anda, kadang pada website baru untuk berada di page 1 google sangat sulit dan dengan cara menginputkan website kita pada website directory itu bisa terjadi karena sebagian website directory mempunyai pagerank yang tinggi dan traffic yang bagus.

Social Media, sekarang social media merupakan hal pokok dalam SEO, social media sekarang sangat di perhitungkan dalam mesin pencarian google dan termasuk dalam algoritma SEO mereka, karena google beranggapan social media merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia dan jika kita mendapatkan visitor yang masuk melalui social media itu google menganggap visitor kita merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website kita bukan robot yang sering menyusup ke website.
Lakukanlah langkah-langkah diatas dengan baik, setelah anda memiliki banyak artikel berkualitas, optimasi onpage yang benar dan mempromosikan blog anda, barulah anda coba memahami seo yang lebih intensif serta poin-poin pendukungnya, saya yakin dalam waktu 3 sampai 6 bulan blog anda sudah memiliki trafik yang bagus, intinya adalah bersabar dan terus berusaha.

sumber: belajar seo

About ARMAN SYAHPUTRA S.

I'm a Leader, Trainer, Entrepreneur, Composer, Organizer, Writer, Designer, and many more. Salam Kenal buat semua agan/aganwati, disini saya ingin berbagi pengetahuan kepada teman" semua. Hoby saya browsing,baca,bisnis.Silahkan add fb saya agar kita bisa silahturahmi dan berbagi ilmu pengetahuan

0 komentar:

Posting Komentar

WAJIB:
1. Pembaca yang budiman silahkan komentar disini dan saling klik/follow 'g+1' dan google plus ini akan bermanfaat untuk anda dalam membantu blog anda dan saya untuk meningkatkan traffic visitor+dollar adsense+backlink (PASTI)

2. Silahkan Masuk ke link ini Tukaran Link untuk saling tukar link

3. Berkomentarlah yang sopan , tidak mengandung SARA dan di larang NYEPAM atau memberi link aktif, semua komentar yang melanggar akan di hapus segera

4. DI LARANG COPAS TANPA MENYERTAKAN SUMBERNYA !!!