Selasa, 10 Desember 2013

KISAH NABI IBRAHIM YG BERASAL DARI TORAH (KITAB YAHUDI)


By on 04.20



KISAH NABI IBRAHIM YG BERASAL DARI TORAH (KITAB YAHUDI)
Berikut ini adalah kisah hidup Nabi Ibrahim as yg dikutip dari kitab suci umat Yahudi (Torah) yang sebagian kisahnya memiliki persamaan dengan Al-qur’an
serupa kisah di surah
QS Al Anbiya : 52-70
QS Al An’am ayat 74-79 


 Keluarga Ibrahim 
Ayah Ibramin bernama Terah, tinggal di istana Nimrod di Ur-Kasdim di Babel atau Babilonia, Terah adalah, anak Nahor, cucu buyut dari Eber.
Terah memiliki tiga anak, Ibrahim , Nahor dan Haran.
kelahiran Ibrahim 
Malam sebelumnya Ibrahim  lahir, para astrolog kerajaan Nimrod yang berkumpul di rumah Terah. Melihat keluar ke langit malam, mereka membaca dalam konstelasi bintang-bintang bahwa anak yang baru lahir adalah untuk menjadi kepala dan ayah dari seorang bangsa yang besar. Penemuan ini disampaikan kepada Nimrod, yang menjadi takut bahwa bintang baru mungkin membahayakan kerajannya.
Nimrod Mencoba membunuh bayi bernama Ibrahim 
Nimrod meminta Terah membawa bayi yang baru lahir ke istana untuk dibunuh. Terah mencoba membujuk Nimrod, tapi dia tidak bisa. Dia mempertaruhkan hidupnya dan kehidupan seluruh keluarganya, dan akhirnya diam2 menukar anaknya dengan anak pembantunya yg lahir hari yang sama dengan Ibrahim . Nimrod tidak mencurigai tipu muslihat tsb, dan dia membunuh bayi dengan tangannya sendiri. Sementara itu, Ibrahim disembunyikan di sebuah gua.
Muda Ibrahim  Mengenali Allah
Ibrahim tetap tinggal di gua sampai ia berusia sepuluh tahun. Selama ini ia datang untuk percaya pada keberadaan Allah melalui penalaran. Ibrahim telah melihat matahari dan bulan dan bintang-bintang datang dan pergi, masing-masing pada waktunya sendiri.
Dia melihat matahari memberikan jalan ke bulan, meskipun jelas daya ilahi, dan bulan memberi tempat untuk matahari di pagi hari. Dan begitu dia beralasan bahwa harus ada daya di atas dan melampaui semua kekuatan terlihat alam, kekuatan apa yang menciptakan mereka, dan yang diatur dan dikendalikan mereka setiap saat. Di balik daya alam terbatas sekali, Ibrahim muda merasakan keberadaan Allah.
Kemudian Allah membuat diriNya dikenal kepada Ibrahim dan mengajarinya cara yang benar hidup seperti ketika Allah mewahyukan kepada Nabi Muhammad saw.
Kemudian Ibrahim pergi ke (bekas) rumah Nuh dan Sem (anak Nuh). Di sana ia tinggal bertahun-tahun; di sana ia belajar dan belajar untuk melayani Allah.
Ibrahim  Menghancurkan berhala
Nimrod sudah lama lupa sepuluh ancaman dari bintang baru yang diprediksi para astrolognya. Dia dihargai Terah atas kesetiaan dan telah memberinya penghargaan bahkan lebih tinggi dari sebelumnya. Karena keloyalan Terah, Nimrod mengambil nasihatnya dalam segala urusan negara. Selain itu, Terah adalah hamba yang patuh berkaitan dengan berhala baru yang diperkenalkan di kerajaannya.
Ibrahim telah diajarkan pengetahuan tentang Allah benar, dan ia membenci penyembahan berhala dari orang-orang disekitarnya. Karena itu ia memutuskan untuk melakukan segala daya untuk menghancurkan kepercayaan penyembahan berhala. Dia berbicara kepada semua pengunjung di rumah ayahnya dan meyakinkan banyak kepercayaan mereka berhala adalah palsu dan bodoh. Tapi Terah menolak untuk mendengarkan alasan anaknya.
Suatu hari, Ibrahim membawa kapak dan menghancurkan semua berhala ayahnya. Hanya terbesar tetap utuh. Ketika Terah melihat berhalanya hancur dan tersebar di seluruh lantai, ia menuduh Ibrahim .
Kata Ibrahim bahwa yang terbesar dari berhala telah membunuh semua orang lain dalam memperebutkan suatu korban dibawa kepada mereka. Terah berseru bahwa hal seperti itu tidak mungkin, karena berhala tidak bisa bertengkar atau berkelahi. Kemudian ia menyadari bahwa anaknya mengoloknya untuk mengakui bahwa berhala yang terbuat dari batu dan kayu bahkan tidak bisa bergerak, dan ia menjadi sangat marah.
Lupa bahwa ia telah lama menipu Nimrod dengan menukar bayi Ibrahim  dengan bayi lain, ia pergi kepada raja dan melaporkan kelancangan anaknya terhadap para dewa.
Di Tangan Nimrod
Nimrod Ibrahim  dilemparkan ke dalam penjara dan diancam akan dibakar hidup2.
Ratusan orang berkumpul untuk menonton “pertunjukan” pembakaran anak pangeran kerajaan Nimrod (Terah) karena tidak setia kepada dewa mereka
Ketika Ibrahim dijatuhi hukuman mati dengan dibakar, dia berseru di pengadilan bahwa Nimrod tidak memiliki kekuatan melawan keinginan Allah. Api tidak pernah bisa membahayakan dirinya jika Allah tidak ingin hal itu, karena Dia yang memberi kekuatan api untuk membakar. Pidato berani Nya telah menyebar di seluruh negeri, dan semua orang, kaya dan miskin, tua dan muda, sangat ingin mengetahui apakah Ibrahim yang benar, atau apakah ia hanya seorang pemimpi sombong.
Keajaiban Api
Ibrahim , dilemparkan ke dalam kobaran api. Tapi Allah menyertai dia dan api tidak menyentuhnya. Api hanya membakar tali yang mengikatnya.
Selama tiga hari, ratusan orang tidak bisa percaya mata mereka, melihat Ibrahim berjalan di tengah-tengah api, tanpa harus bahkan rambut kepalanya terbakar. Raja Nimrod sendiri harus mengakui bahwa Ibrahim telah berbicara kebenaran dan bahwa ia adalah utusan Tuhan.
Dia meminta Ibrahim untuk keluar dari api.
Nimrod kemudian memberikan hadiah banyak ke Ibrahim dan mengirimnya kembali ke rumah ayahnya. Tetapi Ibrahim tidak pergi sendiri. dia diikuti sekitar dua ratus orang dari keturunan kerajaan, di antara mereka, Eliezer dari Damaskus, yang kemudian menjadi hamba Ibrahim paling terpercaya. Mereka semua meninggalkan Nimrod dan pengadilan kaya untuk tinggal bersama Ibrahim dan belajar dari dia pengetahuan tentang Allah.
Ibrahim menikahi Sarah . Dia tinggal bersama Terah (ayahnya) sampai Nimrod memanggilnya lagi, kali ini berniat untuk membunuhnya diam-diam. Tetapi Ibrahim membaca gelagat licik tsb, dan melarikan diri ke (bekas) rumah Nabi Nuh, di mana dia hidup sebagai seorang pemuda. Terah mengikutinya di sana, dan bersama-sama mereka pergi ke Haran di Aram Mesopotamia, atau Mesopotamia.
Perintah Allah  dan JanjiNYA kepada Ibrahim 
Tetapi orang-orang di Mesopotamia tidak menyembah Allah. Mereka menyembah segala macam berhala dan mengikuti cara-cara jahat Nimrod dan rakyatnya. Allah melihat bahwa Ibrahim adalah satu-satunya yang hidup benar dan takut Allah.
oleh sebab itu Allah berfirman: “Pergilah dari negerimu dan dari tempat kelahiran dan dari rumah ayahmu ini ke negeri yang saya akan menunjukkan Dan Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan Aku akan memberkati engkau. dan Aku akan memperluas namamu, dan [Anda akan] menjadi berkat Aku akan memberkati orang yang memberkati engkau., dan orang yang mengutuk kamu, Akupun mengutuknya, dan semua kaum di muka bumi akan memberkati kamu. “
Ketaatan Ibrahim 
Pada usia tujuh puluh lima tahun, Ibrahim  meninggalkan Haran, didampingi istrinya Sarah, dan keponakannya, Nabi Luth, anak saudaranya Haran.
Mereka berjalan menuju tanah Kanaan. Di sini, di dekat kota Sikhem, di kebun pohon oak di Moreh, Allah kembali berfirman kepada Ibrahim  dan berkata:”Tanah ini Aku akan berikan kepada keturunanmu.”
Ibrahim  mendirikan tempat ibadah dan berkeliling negara itu untuk berdakwah.
Ibrahim  Menuju Mesir
Sementara Ibrahim  dalam perjalanan ini, bencana kelaparan terjadi di tanah, dan Mesir, selama ini dikenal sebagai gudang dunia, menjadi tujuan mengembara Ibrahim .
Mengetahui cara-cara jahat dan moral orang Mesir, Ibrahim  mencoba untuk menyembunyikan istrinya Sarah. Tapi petugas menemukan dan membawanya ke istana Raja Firaun, akhirnya Sarah dipercaya sebagai anak Ibrahim  dan bukan istrinya. Meski demikian mereka tetap ditahan di kerajaan Firaun.
Pada malam hari, Allah mengutus malaikat dan meyakinkan Sarah bahwa tidak akan terjadi apa2 padanya. Saat itu Sarah takut akan kejahatan raja Firaun dan para pengikutnya
Allah mengazab Firaun dan orang-orangnya dengan wabah penyakit, dan mereka tidak bisa berbuat tidak senonoh kepada Sarah.
Firaun mendapat nasihat dari para ahli nuzumnya bahwa pembawa sial itu adalah Ibrahim  dan istrinya
Firaun memanggil Ibrahim  serta menegur karena tidak mengungkapkan kepadanya bahwa Sarah adalah istrinya. Kemudian ia menyuruh Ibrahim  dan Sarah pergi, setelah ia memberi mereka banyak hadiah ternak dan pelayan.
Ibrahim  dan keluarganya, di antaranya keponakannya, Nabi Luth, kembali ke tempat lama mereka di Kanaan, antara Beth-El dan Ay.
Ibrahim  akhirnya menjadi sangat kaya. Dia memiliki ternak, perak, dan emas dalam kelimpahan. Demikian juga nabi Luth memiliki sejumlah besar domba dan sapi.
Namun akhirnya Nabi Luth berpisah dengan nabi Ibrahim , beliau pergi ke arah timur, dan menetap di sebuah lembah dekat Sodom
dan seterusnya kisah ini berlanjut…  hingga Ibrahim  diperintahkan menyembelih anaknya sendiri
Wallahu a’lam
sumber dari:  chabad.org

About ARMAN SYAHPUTRA S.

I'm a Leader, Trainer, Entrepreneur, Composer, Organizer, Writer, Designer, and many more. Salam Kenal buat semua agan/aganwati, disini saya ingin berbagi pengetahuan kepada teman" semua. Hoby saya browsing,baca,bisnis.Silahkan add fb saya agar kita bisa silahturahmi dan berbagi ilmu pengetahuan

0 komentar:

Posting Komentar

WAJIB:
1. Pembaca yang budiman silahkan komentar disini dan saling klik/follow 'g+1' dan google plus ini akan bermanfaat untuk anda dalam membantu blog anda dan saya untuk meningkatkan traffic visitor+dollar adsense+backlink (PASTI)

2. Silahkan Masuk ke link ini Tukaran Link untuk saling tukar link

3. Berkomentarlah yang sopan , tidak mengandung SARA dan di larang NYEPAM atau memberi link aktif, semua komentar yang melanggar akan di hapus segera

4. DI LARANG COPAS TANPA MENYERTAKAN SUMBERNYA !!!